Sejarah Desa Darmawangi

LEGENDA DESA DARMAWANGI
Diceritakan zaman dahulu, Prabu Geusan Ulun (Pangeran Sumedang) berkunjung ke Cirebon. Sepulangnya dari Cirebon bertemu dengan Ratu Harisbaya, yang akhirnya tertarik oleh Pangeran Sumedang.
Pangeran Geusan Ulun menikah dengan 3 (tiga) orang isteri, yaitu :
1. Nyi Mas Gedeng Waru ;
2. Ratu Harisbaya ;
3. Ny Mas Pasarean.
Dari hasil pernikahan tersebut melahirkan 15 belas orang putera dan puteri yang diantaranya bernama RADEN ARYA WIRARAJA , yang meninggal di Darmawangi dan dimakamkan di Makam Pasir Ipis (Pasarean) dan sampai sekarang disebut dengan Makam Keramat Mbah Dalem Pasir Ipis. Jadi silsilah Darmawangi dikarenakan menghilangnya Ratu Harisbaya dan dicari oleh Pangeran Sumedang yang hanya tercium wanginya saja. Jadi lahirlah nama Darmawangi, yang diperkirakan lahir sekitar tahun 1942. Terbentuknya Desa Darmawangi yaitu ketika Indonesia masih dijajah Pemerintah Jepang di Kecamatan Tomo yang karenanya terbentuk sebuah desa yaitu Desa Darmawangi yang daerah administratifnya pada waktu itu termasuk meliputi wilayah yang Desa Jembarwangi dan Mekarwangi.
NAMA-NAMA KUWU / KEPALA DESA DARMAWANGI :
NO
Periode
Nama Kepala Desa
Keterangan
1
1942 s.d 1950
Emeng
2
1950 s.d 1953
Tanu
3
1953 s.d 1964
Awinta
4
1964 s.d 1973
Iming
5
1973 s.d 1981
Djumadi
6
1981 s.d 1982
Ebe Suganda
7
1982 s.d 1992
Owo Waslia
8
1982 s.d 2002
Owo Waslia
9
2002 s.d 2008
Udjang Suherman
10
2008 s.d 2014
Hayati
SEJARAH DESA DARMAWANGI   
Desa Darmawangi adalah salah satu Desa di ujung Timur Kabupaten Sumedang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang, Desa Darmawangi merupakan Desa Induk hasil pemekaran yang pertama dengan Desa Jembarwangi pada tahun 1982 dan yang kedua pada tahun 2012 dengan Desa Mekarwangi. Pada pemekaran desa yang pertama terlaksana atas anjuran Pemerintah sehubungan luas daerah administratif dan jumlah penduduk yang telah memenuhi syarat pemekaran desa saat itu, kemudian pemekaran desa yang kedua  berawal dari keinginan Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pemerintah yang lebih efektif dan lebih efisien baik dari warga Dusun Cikalung dan Dusun Warungbungur yang saat ini menjadi Desa Mekarwangi maupun dari warga Dusun Darmawangi dan Dusun Cariang yang menjadi desa induk, maka pada awal tahun 2010 dibentuklah panitia pemekaran Desa dan pada waktu itu juga langsung mengajukan permohonan pemekaran Desa kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang. Dengan melewati berbagai macam proses pemekaran yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dari mulai penentuan nama Desa pemekaran, pembagian wilayah, pembagian kekayaan desa, dll. Akhirnya pada bulan Desember Tahun 2011 Darmawangi resmi menjadi Desa sesuai dengan Peraturan Daerah tentang Pembentukan Desa – Desa baru hasil Pemekaran Desa di Kabupaten Sumedang.

 

 

When meeting the academic writing demands of higher education sounds somewhat tough, you might rely on professional college essay help for your desired assistance. Professional essay writers are not just people who will write impressive and compelling essays. They’re people https://www.proshareng.com/news/Education%20Knowledge/How-Footballers-Maintain-Good-Grades-in-School/55696 who are also educated about various styles, techniques, and also excellent formats of article. Thus, they know how to create your documents well-formatted, properly formatted, properly formatted, and first and foremost, a treat to read! Most of all, professional college essay aid is available in the shape of e-book or as a real person – so that you don’t have to employ a professional author simply to help you with your essay.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan